Senin, 24 Oktober 2011

Sistem Informasi

Teknologi informasi saat ini berkembang begitu pesatnya. Berbagai aplikasi sistem informasi memungkinkan pemrosesan data dan laporan dengan cepat. Kita saat ini sudah terbiasa memproses data secara elektronis. Otomasi pekerjaan kantor dan telekomunikasi digital.

Penggunaan teknologi mengakibatkan seluruh bidang kehidupan manusia berubah drastis, begitu juga dengan organisasi bisnis. Para manajer saat ini dan di masa datang setiap saat dituntut untuk mengetahui perkembangan informasi yang dapat diakses dari media telekomunikasi. 

APA ITU SISTEM INFORMASI ???
Sistem Informasi adalah seperangkat komponen yang saling berhubungan yang berfungsi mengumpulkan, memproses, menyimpan dan mendistribusikan informasi untuk mendukung pembuatan keputusan dan pengawasan dalam organisasi. Sistem informasi juga dapat membantu manajer dalam menganalisa masalah, menciptakan produk-produk baru. Sistem informasi ini terdiri dari informasi tentang orang, tempat dan sesuatu dalam organisasi atau lingkungan yang melingkupinya.

Sedangkan Informasi adalah data yang telah diolah menjadi suatu bentuk yang mempunyai arti dan bermanfaat bagi manusia. Data adalah aliran fakta -fakta mentah yang menunjukkan peristiwa yang terjadi dalam organisasi dan lingkungan fisik sebelum diorganisir dan ditata menjadi suatu bentuk yang bisa dipahami dan digunakan.

Tiga aktifitas yang terjadi dalam sistem informasi adalah : Input, Processing, dan Output.
Input  : Adalah sekumpulan data mentah dalam organisasi maupun luar organisasi untuk diproses dalam suatu sistem informasi.

Processing : Konversi/pemindahan, manipulasi dan analisis input mentah menjadi bentuk yang lebih berarti bagi manusia.

Output : Distribusi informasi yang sudah diproses ke anggota organisasi dimana output tersebut akan digunakan.


PERSPEKTIF BISNIS TERHADAP SISTEM INFORMASI
Jika dilihat dari segi bisnis, sistem informasi bukanlah sekedar input, processing dan output. Namun lebih kepada pemecahan masalah manajemen dan organisasi yang berlandaskan pada teknologi informasi (Loudon).


Organisasi 
Sistem informasi adalah bagian dari organisasi. Pada banyak perusahaan, seperti perusahaan pembiayaan, tanpa adanya suatu sistem maka usahanya tidak akan bisa berjalan dengan baik.


Elemen kunci dari organisasi adalah orang, struktur dan prosedur operasi, politik dan struktur. Hirarki mengatur manusia dalam struktur piramid yang menimbulkan otoritas dan pertanggungjawaban. Semakin tinggi hirarki kerja biasanya terdiri dari pegawai yang paham teknis, professional dan memiliki kemampuan manajerial, sementara hirarki yang lebih rendah terdiri dari pegawai operasional. Bagian-bagian dari organisasi tersebut dapat ditemukan dengan adanya sistem informasi.


Manajemen
Manajemen menyelesaikan masalah-masalah bisnis dalam lingkungan; membuat strategi organisasi untuk merespon, dan mereka mengalokasikan sumberdaya manusia dan keuangan untuk mencapai strategi dan mengkoordinasi pekerjaan.

Teknologi
Teknologi sistem informasi adalah satu alat bagi manajer untuk menyesuaikan diri dengan perubahan lingkungan usahanya. Banyak organisasi bisnis sangat bergantung pada kemampuan teknologi informasinya. Untuk membantu aktivitas input, processing dan output dalam suatu sistem informasi.

PENDEKATAN KONTEMPORER TERHADAP SISTEM INFORMASI
Untuk mempelajari sistem informasi tidak terbatas pada pendekatan teori dan praktek saja. Secara umum dapat dibagi menjadi pendekatan teknis, pendekatan perilaku dan pendekatan gabungan.

PENERAPAN SISTEM DALAM ORGANISASI
Terdapat empat sistem informasi yang ada pada berbagai organisasi :

Tingkat operasional : Memonitor aktivitas mendasar dan transaksi dari organisasi misalnya kegiatan penjualan, penerimaan kas penjualan, tabungan, gaji, keputusan kredit dan aliran bahan baku pada suatu pabrik.

Tingkat pengetahuan : Sistem informasi yang mendukung pekerja pengetahuan dan data dalam suatu organisasi.

Tingkat manajemen : Mendukung, memonitoring, pengawasan, pembuatan keputusan, dan aktivitas administratif manajer tingkat menengah.

Tingkat strategis : Mendukung kegiatan perencanaan jangka panjang dari manajemen puncak.

PENGARUH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI
Perubahan fundamental telah terjadi dalam era saat ini. Digambarkan dalam lingkungan bisnis masa depan yang banyak digunakan dalam berbagai perusahaan adalah kekayaan informasi dan seperangkat alat-alat keputusan ilmiah. Nantinya individu-individu yang mempunyai kemampuan lah yang mengoperasikan lingkungan informasi yang kaya tersebut dan kemampuan untuk menggunakan alat ilmiah yang lebih maju.


Penggunaan teknologi informasi yang meluas telah memperluas jumlah hari kerja menjadi lebih flexibel. Misalnya beberapa perusahaan mempekerjakan sejumlah orang cukup dari rumah saja dan berhubungan secara elektronis dengan rekan kerja di perusahaan. Penggunaan teknologi informasi meningkatkan kerjasama antara kelompok kerja.

Dengan dukungan teknologi banyak perusahaan telah melakukan perubahan aktivitasnya diantaranya adalah :
1. Penurunan waktu pengembangan produk dan biaya pemanufakturan.
2. Jasa Perbankan cross-selling
3. Perbaikan sistem perdagangan eceran
4. Peningkatan akses informasi pelanggan
5. Memungkinkan pencatatan otomatis
6. Mengintegrasikan semua fungsi nilai tambah
7. Kontribusi terhadap persaingan secara keseluruhan
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar